Allianz Life Indonesia : Target Pendapatan Premi di Atas Rp3 Triliun

Tahun 2010 telah tiba. Masyarakat boleh optimis terhadap situasi ekonomi di tahun Macan ini. Krisis ekonomi global yang sudah memulih tentunya memicu pertumbuhan ekonomi yang positif. Demikian juga dengan industri asuransi di Indonesia yang cukup optimis dalam menghadapi tahun 2010. Allianz Life Indonesia juga optimis dengan memprediksi pertumbuhan bisnisnya diatas 20% dengan target pendapatan premi sebesar Rp3,6 triliun. Hal ini diungkapkan oleh Jens Reisch, presiden direktur PT Allianz Life Indonesia kepada Marthapuri Dwi Utari pada Senin (28/12) di kantor pusat Allianz Life di kawasan Sudirman. Berikut petikannya:

Bagaimanakah prospek industri asuransi sekaligus target Allianz Life di tahun 2010?

Kalau saya lihat seluruh industri selama tiga tahun belakangan, rata-rata bertumbuh hingga 15% ya. Kalau Allianz selama tiga tahun belakangan naiknya hingga 51% dari premi total. Saya yakin ini satu target dan inspirasi kita di Allianz harus naikkan di atas pasar asuransi. Saya rasa di tahun 2010 prediksi saya untuk asuransi jiwa akan tumbuh antara 10-20% dan cukup optimis dengan motor utamanya unit linked. Dan saya lihat untuk Allianz akan bertumbuh sekitar 20% atau diatasnya, yang paling penting ini menjadi target Allianz Grup di seluruh dunia untuk bertumbuh di atas rata-rata pasar. Di sisi pendapatan premi, saya lihat tiga tahun lalu kita masih Rp800 miliar, tahun ini mungkin pendapatan preminya mencapai di atas Rp3 triliun. Kalau kita akan bertumbuh katakanlah 20% maka target pendapatan preminya sekitar Rp3,6 triliun hingga Rp3,8 triliun. Mudah-mudahan bisa tercapai.

Prioritas utama di Allianz Life apa?

Kalau dilihat dari komposisi pasarnya, mungkin dari seluruh premi di asuransi jiwa 50% dari unit linked.  Mungkin lima tahun lalu porsinya masih 15% ya, kalau sekarang saya lihat motor pasar asuransi jiwa adalah unit linked. Di Allianz mungkin lebih ekstrim lagi. dari seluruh portofolio atau polis baru, 95% sudah dari unit linked, 5% dari produk tradisional. Saya lihat ini fenomena cukup besar. Tetapi di tahun 2007, itu sangat khusus dimana Amerika bersinar, banyak investasi, banyak inovasi dan kreativitas produk. Tahun 2008 dan 2009, lebih dingin di industry dan Allianz juga, tetapi yang terpenting adalah portofolio jangan sampai turun. Yang saya lihat kenapa lebih yakin di tahun 2010, dengan turunnya deposito rate mau tidak mau masyarakat mencari alternatif-alternatif baru berinvestasi. Dan saya yakin produk unit linked dan reksa dana menjadi salah satu alternatif investasi karena return dari unit linked lebih baik daripada deposito rate ya.

Produk apakah yang akan menjadi andalan Allianz Life di tahun 2010?

Allianz kita ada multi distribution dan multi product strateginya. Walaupun ini bukan produk baru dan sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi alasan mengapa Allianz bisa naik diatas rata-rata pasar adalah kita sudah established dengan multi distribution, artinya banyak cara nasabah untuk mengakses Allianz. Bisa melalui agen, bank, internet, maupun telemarketing. Begitu pula dengan produknya ada produk tradisional, unit linked, produk syariah. Portofolio Allianz juga lengkap, ada asuransi kesehatan, asuransi kelompok, dan Allianz masuk ke semua lini bisnis asuransi. Tiga tahun yang lalu hingga sekarang growth dari agency, dari delapan ribu agency kini berkembang hingga 13.000 agen, kantor agensi ada 44 di seluruh kota dari Aceh sampai Sorong, untuk banccasurance Allianz juga bekerjasama dengan beberapa bank besar diantaranya Danamon, HSBC, Standard Chartered. Dan saya yakin distribution power menjadi lebih kuat. Satu konsep ini mengapa Allianz bertumbuh lebih cepat daripada pasar karena strategi multidistribution dan multiproduk.

Berapakah belanja modal Allianz Life tahun 2010?

Di atas Rp300 miliar, sudah sangat baik sekali. Dan sekarang sudah tidak lagi mendapatkan kucuran dana darimanapun. Kapitalisasi kita cukup bagus. Kita akan tambah agen dari 13.000 menjadi 17.000 agen. Platform infrastruktur untuk call center. Untuk tahun depan kita juga akan me-maintenance posisi pasar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s