Industri Otomotif Optimis bertumbuh di atas 15% di 2010

Sektor otomotif sempat mengalami kontraksi saat resesi global melanda. Kini, dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang kian menunjukkan angka yang positif membuat sektor ini akan kembali bergairah di tahun 2010.

Masa-masa berat resesi global telah terlampaui. Indonesia masih bisa menunjukkan taring ditengah dunia. Indonesia masih bertumbuh secara positif, padahal beberapa negara maju menunjukkan pertumbuhan yang negatif. Purbaya Yudhi Sadewa, pengamat ekonomi dari Danareksa Research Institute berani mematok angka pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6% di tahun 2010. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat laju inflasi yang cukup terkendali dan suku bunga yang relatif stabil di level yang sangat rendah (BI Rate:6,5%) dengan demikian sektor riil akan bergerak dinamis. Efeknya kemampuan dan daya beli masyarakat akan meningkat.

Sektor otomotif yang tahun lalu terkena dampak negatif akibat resesi global kini mulai bersiap untuk berekspansi. Berdasarkan data Gaikindo, tahun 2009 penjualan kendaraan bermotor khususnya mobil diprediksi akan ditutup di angka 475.000 unit. Bambang Trisulo, ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengungkapkan industri otomotif akan bertumbuh sekitar 16% atau penjualan mobil mencapai 560.000 unit. Bahkan Bambang berani pasang target paling agresif bisa mencapai 600.000 unit. “Dengan catatan tidak akan terjadi riot atau dengan kondisi politik yang relatif stabil,” imbuhnya. Bambang pun mengungkapkan hal yang sama seperti Yudhi. Bahwa suku bunga yang relatif stabil, dan pertumbuhan nasional di angka 5,6% akan berpengaruh positif terhadap daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang mulai pulih secara otomatis akan berefek pada akses pembelian kendaraan bermotor. Pasar ekspor masih menarik bagi industri otomotif nasional. Di tahun 2010, untuk ekspor CBU (completely built up) akan mencapai 100.000 unit dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 55.000 unit. Angka ini sama dengan angka ekspor penjualan mobil di tahun 2008 silam.

Sementara itu, Johny Darmawan, chief executive officer PT Toyota Astra Motor (TAM) memprediksi industri otomotif akan bertumbuh 15% atau mencapai 550.000 unit mobil untuk total marketnya di tahun 2010. “Kalau untuk TAM sendiri, bertumbuh sekitar 36 persen dari total market, atau kita expect akan bertumbuh sekitar 190-200 ribuan,” terang Johny.  Dari angka penjualan TAM tahun 2010, Johny pun kembali mengandalkan Kijang Innova dan Avanza sebagai motor penggerak pertumbuhan perusahaan. Menurutnya, Avanza akan berkontribusi hingga 40%-50% dengan ekspektasi pertumbuhan TAM 200.000 maka kontribusinya sekitar 80.000-100.000 unit. Sedangkan kijang Innova kontribusinya 20%-30% atau sekitar 60.000-90.000 unit. Menurut data GAIKINDO, selama Januari-November 2009, Avanza telah terjual 90.264 unit.

Sejalan dengan ekspektasi Johny yang menjagokan mobil berjenis MPV (multipurpose vehicle) atau multifungsi di tahun Macan, Freddy Sutrisno, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan mobil multifungsi atau multi purpose vehicle (MPV) tetap akan menjadi mobil terlaris seperti tahun ini. “Konsumen Indonesia ini unik, hampir semua orang membeli mobil yang kapasitas penumpangnya besar, namun tetap irit,” kata Freddy. Karenanya, MPV yang laris adalah yang harganya antara Rp 101 juta sampai Rp 200 juta.

Sementara untuk industri motor, Purbaya Yudhi Sadewa, pengamat ekonomi dari Danareksa Research Institute menyatakan akan tumbuh sangat agresif tahun ini. “Tumbuh mencapai angka 27%,” ujar Yudhi. Dari data perkiraan yang dikeluarkan oleh Danareksa Research Institute, pasar motor akan berkembang dari penjualan sebesar 5,7 juta unit motor menjadi 7,2 juta unit di tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s