Tetap Setia dengan Trademark Esia

Meskipun kondisi perekonomian kian membaik tak demikian dengan industry telekomunikasi. Penetrasi pasar yang hampir mendekati titik penuh, membuat industri telekomunikasi bergerak melambat. Menurut riset Lembaga Frost & Sullivan seperti dilansir media cetak nasional memperkirakan di tahun 2009 jumlah pelanggan seluler di Indonesia akan mencapai 183,27 juta nomor, dengan tingkat penetrasi mencapai 76,3%. Erik Meijer, wakil direktur utama PT Bakrie Telecom Tbk. mengungkapkan pertumbuhan industri telekomunikasi tak akan jauh berbeda dengan tahun 2009. Kepada Marthapuri Dwi Utari melalui telepon selulernya pada Rabu (30/12), Erik Meijer berbagi tentang proyeksi dan target PT Bakrie Telecom Tbk. tahun 2010. Petikannya:

Bagaimana dengan proyeksi industri telekomunikasi di tahun 2010?

Kalau ekonomi menurut saya tergantung pada kejadian-kejadian yang ada di Indonesia, kalau secara global saya rasa akan lebih baik ya dari tahun ini. Cuma di Indonesia itu kan tergantung pada kasus-kasus yang sedang ramai dibicarakan dan suatu saat bisa saja meledak. Jadi situasi ekonomi bisa terpengaruh. Kalau untuk industri telekomunikasi, tinggal melanjutkan yang sudah dicapai tahun ini ya. Tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini kelihatannya. Kalau kita lihat ya memang pertumbuhannya, penetrasi pasarnya sudah cukup besar mendekati 150 juta nomor aktif dengan populasi yang 250 juta, mestinya sih akan menjadi lebih sulit pertumbuhannya dibandingkan tahun sebelumnya. Secara matematika, kalau persentase makin besar, maka sisanya kan persentasenya makin kecil. Cuman kalau orang yang bisa membutuhkan telekomunikasi, artinya satu nomor utama kan sebagian besar atau rata-rata sudah punya. Pertumbuhannya tetap akan ada, tetap akan maju industri ini. Tapi mungkin dibanding tahun ini tidak akan ada eksposure-eksposure seperti di tahun 2009.

Bagaimana dengan proyeksi dan target Bakrie Telecom sendiri di tahun 2010?

Saya melihat kalau pertumbuhan yang akan datang, kita tetap akan berfokus pada orang-orang yang tidak memiliki sarana telekomunikasi karena tidak sanggup, pasar yang berikutnya adalah berarti pasarnya Bakrie Telecom dimana kita terkenal dengan telekomunikasi yang murah. Dan kira-kira kita akan bertumbuh di atas 30%. Untuk target sampai akhir tahun 2009 ini, kita punya pelanggan 10,5 juta pelanggan. Target untuk tahun depan sampai 14 juta pelanggan. Jadi, antara 30-40%.

Strateginya apa saja yang akan dilakukan oleh Bakrie Telecom?

Ya kita tetap akan menghadirkan inovasi-inovasi yang sudah menjadi trademark Bakrie Telecom ya, memberikan pelayanan ke pelanggan dengan kualitas yang terbaik dan harga yang terjangkau.

Berapakah belanja modal (CAPEX) yang telah dianggarkan?

Sekitar US$200 juta untuk peningkatan kapasitas jaringan. Sedang dihitung penambahan BTS. Sekarang kita ada 3500 BTS, tahun depan bisa menambah lebih dari itu. tapi kalau kita proyeksi akan bertumbuh 40%, maka saya kira akan bertambah banyak, pasti bisa ribuan untuk bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s