Toyota Astra Motor (TAM) Akan Tumbuh 200.000 Unit di 2010

Sektor otomotif kini boleh tersenyum lega. Membaiknya perekonomian dunia dan nasional, secara otomatis akan mendongkrak daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang terus meningkat, tentunya memberikan peluang bagi industri otomotif untuk terjadinya peningkatan penjualan. Lalu, bagaimanakah dengan target dan proyeksi PT Toyota Astra Motor di tahun Macan ini. Johny Darmawan, chief executive officer PT Toyota Astra Motor (TAM) berbagi prediksi sektor otomotif dan TAM kepada Marthapuri Dwi Utari pada Jumat (31/12) via ponselnya. Berikut nukilannya:

Bagaimana prediksi perekonomian nasional di tahun 2010?

Kalau prediksi di tahun 2010, saya rasa kita gak ada apa-apa ya. Sekarang hanya pada masalahnya, kalau kita melihat perekonomian kita kan sudah meningkat, di tahun 2009 ekonomi kita masih bertumbuh positif. Di tahun 2010, mestinya kan logikanya kan positif. Tapi kan masih ada faktor-faktor yang tidak bisa diduga seperti faktor politik, faktor regulasi atau peraturan-peraturan. Akan tetapi kalau melihat pada faktor politik tidak ada perubahan atau stabil, kayaknya sih tahun 2010 akan meningkat.

Bagaimana dengan TAM sendiri?

Dengan kondisi politik yang stabil, dan kita berasumsi tidak terjadi masalah apa-apa, ekspektasi pasar akan bertumbuh 550.000 atau 15 persen dari tahun 2009. tahun ini kan penjualan ditutup di angka 485.000. Jadi, kita berekspektasi tahun 2010 akan bertumbuh 15% atau 550.000 itu total market ya. Kalau untuk TAM sendiri, bertumbuh sekitar 36 persennya, atau kita expect akan bertumbuh sekitar 190-200 ribuan.

Produk andalan di tahun 2010?

Kijang (Innova) dan Avanza. Targetnya Avanza akan berkontribusi hingga 40%-50% dengan ekspektasi pertumbuhan TAM 200.000 maka kontribusinya sekitar 80.000-100.000 unit. Sedangkan kijang Innova kontribusinya 20%-30% atau sekitar 60.000-90.000 unit.

Sumber pertumbuhannya dari mana saja?

Ya kan kita lihat sendiri ya, ada empat faktor utama. Yang pertama pertumbuhan ekonomi kian membaik ya. Lalu faktor yang kedua, inflasi cenderung sudah stabil. Faktor ketiga, IDX (pasar modal) stabil, dan faktor keempat harga komoditi yang meningkat. Daya beli masyarakat membaik. Ya paling gampang, interest rate naik gak? Gak kan, cenderung stabil. Inflasi bagus, sektor riil juga bergerak bagus. Sekarang tinggal masalahnya mengenai masuknya investasi asing. Karena selama ini penggerak perekonomian Indonesia masih dari domestik kan. Jadi, kalau investasi asing masuk ke Indonesia, perekonomian kian bergerak kan. Dan itu (investasi asing) adalah salah satu faktor agar terjadi pergerakan ekonomi di Indonesia.

Strategi yang dilakukan TAM agar mencapai target di tahun 2010?

Strategi kita tetap, meningkatkan penjualan. Strategi kita bagaimana kita memberikan pelayanan atau service yang terbaik baik dari produknya, dari pelayanan hingga purna jualnya, meningkatkan strategi pemasaran seperti misalnya adanya campaign, adanya produk-produk baru, exhibition.

One response to “Toyota Astra Motor (TAM) Akan Tumbuh 200.000 Unit di 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s