Krisis, Ajang Pembuktian Para Eksekutif

Sebagian pemilik perusahaan menilai kualifikasi eksekutif yang dibutuhkan pada saat pertumbuhan dan krisis ekonomi sama. Namun,  kualitas eksekutif dapat dilihat pada saat krisis ekonomi.

“Begitu krisis kita bisa melihat eksekutif-eksekutif yang betul-betul jago dan melihat ciri-ciri bahwa krisis bukan suatu bencana, tapi malah sebuah opportunity mereka untuk grow,“ kata Sandiaga Salahuddin Uno, presdir PT Saratoga Investama Sedaya kepada Marthapuri Dwi Utari dari WartaEkonomi pada beberapa waktu lalu. Berikut petikannya.

Kualifikasi apa yang harus dimiliki oleh eksekutif grup Anda tahun ini?
Kita lihat yang pertama, betul-betul yang nomor satu adalah kompetensinya, profesionalismenya dan sebelum jadi pengusaha, saya juga berasal dari professional. Jadi benar-benar saya tekankan di situ. Kedua yang selalu saya dorong dari segi dari kemampuannya dalam melihat satu service solusi. Apa yang dihadapi, saya paling capek kalau ada eksekutif yang tiap-tiap lapor ada masalah terus minta solusi. Jadi betul-betul eksekutif yang punya inisiatif, merubah problem menjadi peluang, dan memberikan satu solusi yang permanent terhadap sebuah problem.

Apakah perbedaan kebutuhan eksekutif grup Anda saat krisis maupun sebelum?
Gak, gak ada beda. Pada waktu krisis itu eksekutif yang baik baru terlihat. Baik atau tidak itu bisa kita lihat di keseharian. Tapi begitu krisis kita bisa melihat eksekutif-eksekutif yang betul-betul jago dan melihat ciri-ciri bahwa krisis bukan suatu bencana, tapi malah sebuah opportunity mereka untuk grow. Gak banyak eksekutif yang lahir seperti itu, saya salah satunya jadi pengusaha karena krisis. Nah saya llihat di kondisi saat ini, nantinya akan banyak entrepreneur-entrepreneur yang tumbuh saat krisis.

Program ekonomi yang diharapkan?
Program ekonomi yang pro bisnis memberikan satu solusi kepada UMKM, masalaha pendanaan, pasar dan tentunya masalah SDM. Yang kedua, kita perlu pembangunan infrastruktur yang sudah lama terbengkalai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s