Transfer dan Jasa Remittance Uang Via Indomaret

Indomaret, salah satu pemain di bisnis minimarket kini melayani jasa pengiriman dan penerimaan uang secara cepat dan mudah, baik dalam maupun luar negeri. Untuk itu, Indomaret menggandeng Western Union, sebuah perusahaan pengiriman uang ternama berbasis di Amerika Serikat. Penggunaan fasilitas layanan transfer uang ini diluncurkan pada Selasa (30/3) silam oleh Laurensius Tirta Widjaja, marketing director PT Indomarco Prismatama dan David Batubara, country director Western Union di Indomaret Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Adapun yang melatarbelakangi kerjasama ini karena citra Western Union sebagai perusahaan pengiriman uang ternama yang telah teruji dan unggul dalam kecepatan, kenyamanan dan keandalan. Dengan kerjasama ini sekaligus menandai jasa layanan keuangan konsumen di Indonesia yang disediakan oleh ritel modern pertama kali. Dalam hal ini, Western Union menggunakan teknologi state of the art technology. Aksi korporasi ini tak lain untuk mendongkrak frekuensi kunjungan pelanggan Indomaret tetapi juga membantu pemerintah dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam jasa remittance kepada tenaga kerja Indonesia.

Kerja sama ini dimulai pada Desember 2009 secara bertahap di 152 gerai Indomaret, dan hingga kini telah mencapai 1.700 gerai Indomaret. Tahun 2010 ini, kata Lauren, pihaknya menargetkan 2.400 gerai Indomaret yang melayani jasa remittance ini. Indomaret sendiri telah memiliki 4.041 gerai yang terdiri dari toko regular 2267 (56,10%) dan toko waralaba 1774 (43,9%). Lauren pun menegaskan bahwa layanan transfer dan remittance ini hanya dilayani oleh gerai Indomaret regular, tidak termasuk Indomaret waralaba.

Per transaksi, konsumen akan dikenakan biaya pengiriman minimal Rp15.000,-. Lebih mahal memang, namun transaksi ini bisa dilakukan tanpa harus memiliki rekening di bank manapun. Tak berbeda jauh dengan wesel yang sudah dikenal sebelumnya. Selebihnya, layanan ini sudah memanfaatkan teknologi Money Transfer Code Number. Apa itu? Setiap konsumen ataupun TKI yang akan melakukan transfer sejumlah uang akan mendapatkan verifikasi nomor PIN yang bisa dikirim ke penerima. Selanjutnya, penerima transfer bisa mengambil uang tersebut dari Indomaret manapun hanya dengan menunjukan verifikasi PIN, KTP dan fotokopi KTP. Mudah bukan?

Lauren menambahkan untuk layanan ini hanya melayani transaksi dengan nominal maksimal Rp10-20 juta yang besarnya bergantung pada tingkat resiko dan ketersediaan kas masing-masing gerai. “Hingga minggu pertama Maret 2010, telah berhasil membukukan 1.267 transaksi yang dikirim dari TKI di negara Timur Tengah, Eropa, Asia dan Amerika Serikat,” ungkap Lauren. Apakah ini akan menjadi moda pertumbuhan bisnis baru Indomaret selain transaksi konvensional? Kita lihat saja nanti.

One response to “Transfer dan Jasa Remittance Uang Via Indomaret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s